Bukan maksud ngebash .. cuma pendapat aja ..

Fenomena K-POP memang sedang merebak di negara tercinta Indonesia. Gk cuma di Indonesia, K-POP fever juga telah menyebar ke seluruh belahan dunia. Sebagai penggemar K-POP, secara pribadi punya pendapat tentang fenomena BB-GB baru Indonesia yg bermunculan.

Pertama, mengenai cara, proses, dan waktu mereka terbentuk. Di Korea sana, seseorang yang akan menjadi artis, khususnya idol group butuh waktu bertahun – tahun untuk masa training. Misalnya Leeteuk dan Donghae Super Junior yang menghabiskan masa training kurang lebih 6 tahun.ย Jessica, Sooyoung dan Hyoyeon SNSD bahkan menjalani training selama 7 tahun. Dalam training itu mereka dilatih vokal, tari, akting, dll. Dalam waktu training yang lama itulah, para idola sudah matang untuk di debutkan dan hasilnya tak main – main bisa dilihat sekarang. Sedangkan BB-GB Indo terkesan dipaksakan untuk masuk industri ini. Mereka diciptakan hanya untuk kebutuhan pasar. Dengan kemampuan vocal yang kurang, dance yang pas – pasan, dll.

Kedua, mengenai konsep. Mereka terkesan tidak mempunyai konsep yang bisa membedakan mereka dengan BB atau GB lain. Perlu dicatat bahwa terinspirasi itu berbeda dengan meniru. Mereka selalu mengatakan kami terinspirasi dari …. tp nyatanya mereka meniru. Plagiat juga tidak bisa dilepaskan, meskipun hanya beberapa saja, tp apa tidak malu dicap sebagai plagiat ? Di Korea sana kasus plagiat ini bisa dibawa di meja hijau. Sebagai contoh kasus Park Jin Young lewat lagu Someday yang dinyanyikan oleh IU untuk soundtrack drama Dream High ย yang diduga mirip dengan lagu milik Ash yang berjudul To My Man. Tidak hanya mengenai lagu tp juga konsep mereka diatas panggung. Mulai dari gaya mereka saat perform, busana yang mereka kenakan, sampai gaya rambut. Memang ada kebebasan, tp mempunyai ciri khas yg berbeda dengan yang lain itu lebih baik.

Ketiga, masalah perform mereka diatas panggung. LIPSYNC sepertinya hal wajar bagi mereka. Padahal lipsync itu sama saja dengan pembohongan kata Rossa. Katanya penyanyi tp kok nyanyi aja lipsync. Jika alasan mereka karena pihak stasiun tv yang meminta. Berarti stasiun tv tersebut yang tidak kompeten. Pernah liat, salah satu GB Indo nyanyi live .. ya ampunnn suaranya jauhhhh bangettttt .. Tak jauh berbeda dengan kasus yang menimpa salah satu GB korea, yaitu T-Ara. T-Ara pernah terlilit kontroversi karena jarang nyanyi live di acara” musik korea. Lipsync aja jadi kontroversi disana. Tapi pada akhirnya mereka nyanyi live juga di acara M-Net M!Countdown.

Sekali lagi, tulisan ini bukan maksud untuk ngebash BB-GB Indo, tp hanya pendapat saja mengenai mereka. Pesannya jadi diri sendiri itu lebih baik, daripada sama dengan orang lain. Yang penting Indonesianya itu harus lebih ditonjolkan lagi. Inspirasi boleh Korea, tapi konsep dan gaya tetep Indonesia .. asikkkkkk ..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s